Venomena Langka, Transit Planet Venus

Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) dari Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo mengajak masyarakat menyaksikan fenomena transitnya planet venus (gerhana venus) di permukaan matahari, Rabu (6/6). Fenomena ini, mungkin akan menjadi yang pertama dan terakhir dalam kehidupan seseorang lantaran rentang waktu terjadinya 105 tahun sekali.
Pengasuh CASA Ponpes Assalaam Sukoharjo, AR Sugeng Riyadi mengatakan, gerhana ini mulai terjadi mulai pukul 05.13-11.47. Gerhana ini terjadi karena matahari tertutup oleh planet venus. Gerhana hanya terlihat seperti titik spidol di permukaan piringan matahari jika dilihat dari bumi.
Untuk melihatnya menggunakan kacamata khusus matahari atau teropong lunt solar system yang mampu menjangkau posisi venus dan matahari. "Fenomena langka ini akan terjadi lagi pada 11 Desember 2117. Jadi mungkin saja seumur hidup hanya sekali melihatnya," kata Sugeng pada wartawan, Rabu (6/6).
Bukan hanya siswa dari CASA yang melihat fenomena ini, beberapa mahasiswa dan dosen turut menyaksikannya. Menurutnya, fenomena ini untuk menunjukkan bukti pada siswa jika planet-planet beredar mengelilingi bumi.
Gerhana venus, lanjutnya, menjadi satu dari lima gerhana yang terjadi di tahun 2012. Berdasarkan observasi, terjadi dua gerhana matahari, dua kali gerhana bulan dan sekali gerhana venus. Pertama, gerhana matahari cincin yang terjadi pada 20 Mei 2012. Gerhana ini hanya dapat disaksikan di wilayah Indonesia timur. Kedua gerhana bulan sebagian yang terjadi 4 Juni 2012 dan bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia.
Keempat, gerhana matahari total yang akan terjadi 14 November 2012 mulai pukul 05.11 WIB. Gerhana di antaranya meliputi Papua Barat, Australia, Selandia Baru dan Samudra Pasifik. Terakhir gerhana bulan Penumbra yang akan terjadi pada 28 November 2012 mulai pukul 19.15-23.51 WIB. Gerhana ini hanya bisa dilihat menggunakan teleskop.
"Dari lima gerhana itu yang bisa disaksikan dari eks karesidenan Surakarta hanya gerhana bulan pada 4 Juni dan gerhana venus pada 6 Juni," kata Sugeng.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Venomena Langka, Transit Planet Venus"

Posting Komentar