SESIMPEL INI

Coba aja bayangin, saat lo udah mulai sayang sama seseorang tapi orang itu malah acuh sama lo. Rasanya gimana? Ajib banget. Ya kan? Udah gitu dia pergi gitu aja dari hidup lo tanpa peduliin elo. Itu super duper ajib. Apalagi kalo ditambah dia ternyata lebih tertarik sama sahabat lo. Itu superduper mega ajib banget.
                Awalnya gue nganggep cinta itu indah. Indah banget. Bisa saling sayang dan kasih perhatian sama lawan jenis yang menurut kita pas itu emang rasanya bahagia. Bisa lihat dia senyum aja udah seneng, apalagi dia senyum sama gue. Pas dia ketawa gara-gara lelucon yang gue kasih juga pasti rasanya seluruh dunia lagi senyum sama lo. Tapi semuanya itu perlahan hilang, pas si dia udah menunjukkan perubahan sedikit demi sedikit. Gue sempet bingung apa salah gue sampai dia berubah sikap sama gue. Tapi yaudahlah, cowok kebanyakan munafik. Bilangnya A tapi kenyataan B.
                Gue kenal sama cowok yang menurut gue sih nggak ganteng, tapi dia manis. Dan sangat menarik. Lo tau yang bikin gue interest sama dia? Dia anak seni. Dan dia punya kharisma. Pertama gue kenal dia pas kita ikut ekskul karawitan sih. Dia pinter banget soal yang seni seni gitu, dia nggak Cuma pinter di karawitan aja tapi dia pinter acting, dance, band, etc. Anaknya asik diajak ngobrol, wawasannya luas. Dan gue suka yang kaya begini.
                Oh iya, namanya Derava Brawijaya Mangunkusumo. Nama yang menurut gue keren abis. Dia anak IPS. Dia duluan tuh yang minta kenalan, lama lama akhirnya doi minta nomer hp gue. Terus terus teru dia kaya demen nge gombal gitu.
                “Cha, nanti malem ada acara nggak?” Itu sms dari Rava siang ini, sepulang sekolah.
                “Nggak sih kayanya, knp?” Balasku.
                “Jalan yuk, nonton Insidious chapter 2 enak deh kayanya. Lanjut diner aja deh. Gmn?”
                “Yuk deh, jam brp?” balas gue lagi.
                “Jam 7 gue jemput ya”
                “Ok”
                “Dandan yg cantik :*”
                “Dih, apaan sih lo.”
                Dan sms an pun berlanjut sampai hampir maghrib dan gue mesti pamit mandi sama Rava. Gue sih nggak niat buat dandan cantik. Secara gue nggak doyan dandan. Lagian kata temen-temen, gue cantikan natural. Tapi ya demi cowok yang gue demen ini gue mau tampil sedikit cantik.
                Jam 7 lebih 5, mobil Rava udah parkir di depan rumah gue. Udah sejak 10 menit yang lalu dia di luar. Dan gue minta tolong mama buat temenin dia ngobrol selagi gue masih siap-siap. 10 menit kemudian gue udah keluar rumah, dengan dandanan yang simple tapi tetep fahinable.
                “Wah, anak mama udah gede nih bisa dandan.” Goda mama.
                “Iya nih tante, nggak nyangka kalo aslinya cantik banget gini.” Rava nambahin
                “Jadi biasanya gue nggak cantik?” Gue pura-pura nyolot.
                “Nggak gitu Cha, tapi ini lebih lebih cantik dari biasanya.”
                “Yaudah sana, buruan berangkat. Rava, jagain Chaca ya. Jangan pulang larut.”
                “Siap tante. Kami berangkat dulu ya.” Pamit Rava sambil cium tangan mama.
                “Berangkat dulu ya mah.”
                “Kalian hati-hati ya.”
                Malam itu gue lewatin penuh tawa sama Rava. Dia nggak bisa bikin gue berhenti ngomong. Ada aja topik yang menarik buat dibahas. Dan puncaknya, dia anter gue pulang. Pas gue mau turun dari mobil dia tahan gue sebentar.
                “Makasih banget ya Cha buat malem ini. Kapan-kapan mau kan lo jalan sama gue lagi?”
                Gimana gue nggak megap-megap dikata kaya begitu. Nih ya, buat para cewek, kata kata yang simple tadi tuh udah bikin salah tingkah, salah paham, dan salah harapan.
                “engg.... hah? Eh iya Rav, kapan-kapan kalau ada waktu.” Gue jadi salting gini kan.
                “Selamat malam ya, mimpi indah. Makasih.” Dia ngomong gini sambil senyum manis banget.
                “Yaudah, bye. Lo hati-hati ya.”
                Habis itu gue sama dia makin deket, makin nempel aja kaya permen karet. Kemana-mana bareng, kalo ada dia pasti juga ada gue. Belum jadian tapi udah kaya orang pacaran. Bukan temen tapi juga belum jadi kekasih. Kalo ditanya sama temen gue bingung mestii jawab apa. Kalau jawab “gue sama dia cuma temen” pasti banyak yang nggak percaya. Kalau jawab “iya gue pacaran sama Rava” ya dia aja belum jadipacar gue.
                Udah lebih dari 3 bulan gue sama Rava nggantung gini. Ravanya sih baik, romantis, tapi yadia nggak pernah bahas perasaannya sama gue. Gue juga sebagai cewek yang baik nggak mau deh sampai maju duluan. Mending gue nunggu. Sampek jadi nenek-nenek sekalipun deh hahaha.
                “Rav, lo kok sekarang jarang sms gue sih?” dengan tiba-tiba gue tanya gitu pas ketemu dia di kantin.
                “Hah? Iya ya? Emangnya jarang?”
                Tuh kan! Dia jawabnya kaya gagu banget, gelagapan kaya ikan yang keluar dari air.
                “Oh , yaudah deh kalo lo nggak ngerasa. Balik dulu ya.” Pamit gue penuh kekecewaan.
                Sampai dirumah gue pikir dia bakalan ngerasa terus langsung sms gue, tapi ya harapan tinggalah harapan. Salahnya gue udah salahkaprah  nanggepin sikapnya dia. Jadinya malah gue ngerasa di PHP-in gni kan. Gue yang ngerasa ada “hal lain” dalam konteks pertemanan gue sama dia ternyata sama aja boong. Dia nggak nganggep semuanya lebih. Ya setidaknya itu yang bisa gue simpulin sekarang.
                “Cha ?” panggil mamah dari pintu kamar.
                “Ya mah?”
                “Kok pacar kamu nggak pernah main kerumah lagi sih?”
                “Pacar? Cha nggak punya pacar mah.” Kata gue bingung.
                “Nah yang sering ngajak kamu keluar itu bukan pacar kamu?”
                “Ya ampun mamah!! Dia kan cuma temen mah, nggak lebih.” Terang gue.
                “Oh, jadi ‘Cuma temen’ ?”
                “Cuma temennya nggak perlu ditekankan dong mah?” tanya gue sinis.
                “Abisnya dia anaknya baik, sopan terus nyambung gitu sih. Masa bukan pacar kamu sih?” Nyokap makin panas ngomongnya. Tahu kalo gue nggak bakal jawab, mamah pergi. Ninggalin gue sendiri sama semua gejolak di hati gue. Ah! Gila ah baru deket gitu aja udah cemen gini gue.
                Esoknya gue disekolah pengen mastiin lagi ke Rava, kenapa dia jadi samasekali nggak sms gue gini. Kebetulan gue lihat dia lewat depan kelas. Lewat depan kelas gandeng cewek, di depan mata gue yang jelas-jelas masih sehat. Dan dia cuma meninggalkan senyum. meninggalkan gue yang bengong lihat dia innocent gitu, bengong lihat dia dengan entengnya suap-suapan sambil jalan. Oh iya dia pernah kaya gitu ke gue. Remuk ya hancur ya sakit ya marah ya semuanya ada pas lihat dia bersikap kaya gitu. Terus gue mesti marah ke dia? Bayi banget gue, dia bukan hak gue.
                Baiklah, sekarang kesimpulan gue bertambah. Dan dengan sesimpel ini, dengan secepat ini gue bisa ngrasain sakit hati. Dengan masalah yang kayaknya cuma gue yang anggep ini masalah, gue bisa jadi benci sama Rava. Simpel, mudah dan cepat. Masalah sayang nggak melulu ribet, rumit dan lama. Siapa tau hanya dengan hitungan hari, bahkan mungkin jam, ada seseorang yang bisa meluluh lantakan hatimu.
                Mungkin ini nggak sepenuhnya salah Rava. Mungkin gara-gara gue yang udah punya harapan lain soal dia, gue yang udah punya rasa mendahului dia punya rasa sama gue. Dan lagi, rasa sesimpel itu bisa bikin semuanya berantakan. Hubungan gue sama dia pasti bakalan beda, sebagai temen pun rasanya udah nggak sama, bakal ada kecanggungan yang terjadi saat lo mengalami hal sesimpel ini.

                Salam dari penulis terunyu.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "SESIMPEL INI"

  1. Unknown says:
    24 Oktober 2013 pukul 09.03

    Keren....

Posting Komentar